8 Tips Melindungi Situs WordPress dari Hacker

8 Tips Melindungi Situs WordPress dari Hacker

Assalamualaikum.wr.wb

Sebagian pada pengguna wordpress tidak terlalu memperhatikan keamanan dari situs wordpress yang sedang dia kelola, mereka beraganggapan bahwa WordPress adalah CMS yang palin aman. Padahal tidak demikian, Hacker yang profesional pasti akan dengan menudah masuk ke stus wordpress amda. Tetapi semuanya kembali kepada anda, apakah anda tetap akan mengabaikan keaman situs wordpress anda atau akan melalukan sedikit perlindungan terhadap hacker yang coba menyerang situs anda.

Dalam postingan ini saya akan coba membagikan beberapa tips untuk Melindungi Situs WordPress dari Hacker.

Melindungi Situs WordPress dari Hacker

1. Hindari Pengguna Default

Banyak dari pengguna wordpress masih menggunakan username dan password default, tentunya itu sangat patal. Jadi berhati-hatilan saat mengistal wordpress dari hosting anda. Pastikan anda tidak menggunakan username dan password default.

Akan sangat berguna jika anda mengganti username dengan username yang lain, unik dan mudah diingat tapi tidak mudah di tebak..

2. Buat Password Yang Panjang dan Unik

Guankaan password yang pajang dan unik dengan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol/karakter khusus. Password yang anda buat harus berkisaran 6 sampai 9 karakter guna untuk mempersempit para hacker untuk menebak password anda.

Jika memungkinkan ganti password anda setiap 2 bulan sekali. Sehingga ini akan mempersulit para peretes karena mereka harus mulai dari awal lagi untuk memecahkan password anda.

Baca juga: Cara Membatasi Akses Admin WordPress dengan IP

3. Hapus Plugin yang Tidak Diguanakan

Mamsih banyak pengguna situs wordpress yang menyimpan atau mengoleksi plugin di situsnya tapi tidak mereka gunakan, dan itu adalah salah satu sararan empuk bagi para hacker/peretes, terlebih lagi jika pelugin yang mereka koleksi tidak up to date. Peretes yang jeli akan mencari celah dari pelugin-plugin yg anda di situs anda.

Karena alasan itulah akan lebih baik jika plugin yang tidak anda gunakan di hapus saja untuk mempersempit peluang hacker untuk menemukan celah disitus anda.

4. Batasi Upaya Login

Para hacker menggunakan perangkat lunka yang akan mencoba login terus menerus di halaman login situs anda dengan memasukan kombinasi acak untuk menebak username dan password login anda.

Untuk mengatasi hal tersebut anda harus membatasi minimal gagal login pada situs wordpress anda sehingga jika ada 1 IP Address yang telah melebihi batas minimal gagal login akan otomatis diblock.

5. Update WorPress, Plugin, dan Tema Secara Rutin

Seperti yang telah disitunggung sebelumnya, update WordPress, Plugin dan Theme secara rutin akan sangat bermanfaat. Selain menambah fitur baru juga meningkatkan keamananya dari serangan peretes atau hasker.

Sebagian pengguna wordpress kadang lupa untuk melalukan update sehingga mereka menghadapi masalah keamanan. Padahal anda harus mengupdate tema dan plugin anda jika ingin situs anda benar-benar aman dan terlindungi.

6. Guanakan Plugin Scurity

WordPress menyediakan banyak sekali plugin scurity yang bisa anda gunakan untuk melindungi situs anda. All In One WP Security & Firewall , iThemes Security , Wordfence Security adalah beberapa Plugin Scurity WordPress yang bisa anda lirik.

Namum untuk memilih plugin yang benar-benar aman akan sangat sulit, karena mereka berbeda adalam segi kualitas, fungsionalitas, dan dukungan.

Bahkan beberapa plugin dibuat oleh pengguna biasa yang kemanannya masih diragukan.

Aneh jika mengistal plugin scurity tapi malah menjadi celah masuknya hacker atau peretes.. he he..

Jadi berhati-hatilah jika anda ingin memebeli plugin scurity untuk situs wordpress anda, dan apa lagi anda hanya menggunakan plugin gratisan yang keamanan dari plugin itu sendiri masih diragukan.

7. Lakukan BackUp Secara Berskala

Iya, backup secara berskala juga sangat dibutuhkan. Kenapa? karena jika anda sudah melalukan segala macam upaya pencegahan tetapi hacker masih tetap juga bisa masuk dan merusak situs wordpress anda, anda masih bisa melakukan restore dari file backupan yang anda simpan sihingga anda dapat dengan mudah mengembalikan situs anda dalam beberapa klik saja.

Kesimpulan

Tips-tips diatas untuk melindungi situs anda dari serangan peretes, spammer, dan ancaman keamanan lainyanya yang tak terduga. Anda juga dapat meninggalkan Tips keamana WordPress anda dikolom kementar…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*
*