Cara Memperbaiki Kesalahan Internal Server di WordPress

0
7

Menjalankan situs WordPress? Jika demikian, Anda mungkin pernah mengalami HTTP 500 Internal Server Error setidaknya satu kali. Tidak seperti kesalahan umum WordPress lainnya, kesalahan server internal bisa sangat menyebalkan karena tidak memberi tahu Anda kemana harus mencari dan apa yang harus diperbaiki.
Terlepas dari kenyataan bahwa kita mencintai WordPress, kesalahan WordPress yang umum bisa membuat kita gila – entah itu kesalahan PHP yang tidak diketahui, layar kematian yang ditakuti atau pembaruan otomatis gagal. Namun, kesalahan server internal adalah kesalahan paling umum yang sering menempatkan pemilik situs WordPress dalam mode panik. Tapi santai!
Jika Anda mengalami kesalahan seperti itu di situs web Anda, Anda berada di tempat yang tepat. Di posting hari ini, saya akan menjelaskan penyebab dan solusi HTTP 500 Internal Server Error.

Penyebab Kesalahan Internal Server

Nah, faktanya adalah Internal Server Error yang tidak spesifik ke WordPress, bisa terjadi di situs manapun yang didukung oleh platform atau server manapun. Dan karena sifat generik dari kesalahan ini, pengembang biasanya tidak tahu cara memperbaiki masalah.
Ini pada dasarnya seperti meminta dokter Anda meresepkan obat kepada Anda tanpa memberi tahu mereka apa masalahnya.
Setelah mengatakan bahwa mungkin ada beberapa hal yang menyebabkan kesalahan ini, beberapa di antaranya adalah:

  • Plugin terkorupsi dan / atau fungsi tema
  • Sebuah file .htaccess terkorupsi juga bisa memicu masalah ini
  • Dan batas memori PHP yang Lelah

Langkah-langkah untuk Memperbaiki Kesalahan Internal Server

Memperbaiki kesalahan server WordPress internal memerlukan banyak pemecahan masalah yang mungkin mengacaukan desain atau fungsionalitas situs Anda sedikit. Oleh karena itu, sebelum Anda terjun ke dalam memperbaiki masalah di situs Anda, selalu disarankan untuk membackup situs Anda. Karena Anda tidak dapat mengakses dasbor WordPress Anda, Anda dapat membackup situs Anda menggunakan klien FTP.
Setelah Anda memiliki cadangan dari situs Anda, Anda baik untuk pergi!

Langkah 1: Memeriksa file .htaccess yang rusak

Cara Memperbaiki Kesalahan Internal Server di WordPress 2

Htaccess adalah file teks polos tersembunyi yang tersimpan di server untuk mengendalikan interaksi pengunjung Anda dengan situs Anda. Ini juga bisa digunakan untuk memblokir lalu lintas tertentu agar tidak bisa mengakses situs Anda. Fungsi lain dari file .htaccess termasuk mengkonfigurasi ulang pengaturan akun, membuat pengalihan, menyetel halaman default, menulis ulang URL, melarang hot links dan lainnya.
Saat mencoba memperbaiki kesalahan server internal, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa file .htaccess yang rusak. Yang harus Anda lakukan adalah mengganti nama file .htaccess asli Anda menjadi .htaccess_old dan tekan save.
Sekarang segarkan situs WordPress Anda dan periksa apakah masalahnya masih ada. Jika Anda mendapatkan kembali akses ke situs web Anda, file .htaccess Anda rusak dan perlu diganti dengan yang baru. Dan jika Anda masih mengalami kesalahan server internal, lanjutkan ke solusi berikutnya.

Langkah 2: Meningkatkan Batas Memori PHP

Sebagian besar waktu batas PHP Memory yang telah habis menyebabkan kesalahan server internal di situs Anda. Untuk meningkatkan Batas Memori PHP dari situs Anda, ikuti langkah-langkah yang ditunjukkan di bawah ini:

  • Sambungkan ke klien FTP menggunakan Filezilla atau Cyberduck
  • Buka file wp-config.php Anda dari direktori root WordPress
  • Tambahkan define (‘WP_MEMORY_LIMIT’, ’64M’); di dalam tag PHP utama

Namun, jika Anda tidak dapat meningkatkan batas memori dengan metode ini, Anda dapat mencoba meningkatkan batas dengan metode berikut.

  • Buat file teks kosong yang disebut php.ini
  • Tempel kode ini di sana: memory = 64MB
  • Simpan file
  • Upload ke folder / wp-admin / Anda menggunakan FTP

Sekali lagi periksa situs Anda jika sudah diperbaiki. Dan jika sudah diperbaiki, Anda pada dasarnya memperbaiki kesalahan sementara. Mengapa? Nah, ada sesuatu yang melelahkan batas memori Anda. Ini bisa menjadi tema kode atau plugin atau fungsi yang buruk. Dengan demikian sangat disarankan untuk menghubungi penyedia hosting Anda untuk mengetahui apa sebenarnya yang menyebabkan memori menguras dengan memeriksa log server.
Jika meningkatkan batas memori Anda tidak menyelesaikan masalah, Anda mungkin perlu melakukan beberapa pemecahan masalah hardcore.

Langkah 3: Menonaktifkan semua plugin

Cara Memperbaiki Kesalahan Internal Server di WordPress 3

Jika tidak ada yang berhasil, saatnya untuk memeriksa plugin Anda. Ada kemungkinan plugin tertentu di situs Anda menyebabkan kesalahan ini atau satu atau dua plugin saling bertentangan satu sama lain. Untuk mengetahui plugin mana yang menyebabkan kesalahan server internal, Anda harus menonaktifkan semua plugin Anda sekaligus. Jika Anda dapat mengakses dasbor WordPress Anda, Anda dapat dengan mudah menonaktifkan plugin Anda dengan menavigasi ke situs plugin yang terinstal dan melakukan tindakan massal dari menu drop-down tindakan massal.

Namun, jika Anda tidak dapat mengakses dasbor situs Anda, Anda perlu terhubung ke klien FTP Anda atau membuka pengelola file Anda. Setelah terhubung dengan klien FTP, navigasikan ke / wp-content / folder. Di dalam folder ini, Anda akan melihat sebuah folder bernama plugins. Di sinilah WordPress menyimpan semua plugin dan file terkaitnya. Sekarang untuk menonaktifkan semua plugin sekaligus, Anda harus mengganti nama folder ini menjadi plugins_old. Ini secara otomatis akan menonaktifkan semua plugin Anda sekaligus.

Apakah itu memperbaiki masalah? Jika iya, salah satu plugin Anda menyebabkan masalah dan untuk mengetahui plugin mana yang melakukannya, Anda perlu memainkan metode klik dan tayang. Mulai aktifkan kembali plugin Anda satu demi satu dari dasbor WordPress sampai Anda menemukan plugin yang salah. Setelah ditemukan, Anda bisa mengganti plugin dengan yang lain dan melaporkan kesalahan pada pengembang plugin.

Langkah 4: Upload ulang WordPress Core Files

Jika masalah masih ada, Anda bisa mencoba mengunggah file inti WordPress lagi. Solusi ini sangat ideal bila situs Anda memiliki file korup. Upload folder wp-admin dan wp-includes untuk memecahkan masalah.
Sebagai alternatif, Anda dapat menavigasi ke update WordPress dan menekan tombol install ulang sekarang. Ingat Anda harus menginstal ulang WordPress Anda dari dashboard WordPress saja.

Langkah 5: Menghubungi Server Hosting Anda

Jika semuanya gagal, hubungi penyedia hosting Anda. Dalam sebagian besar kasus, server yang kelebihan beban menyebabkan masalah. Penyedia hosting Anda dapat membantu Anda memahami masalahnya dan mengatasinya secepatnya.
Juga, jika situs web Anda dihosting di penyedia hosting berkualitas, Anda akan mendapat dukungan dalam hitungan detik.

Kesimpulan:

Seperti disebutkan sebelumnya, kesalahan server internal adalah kesalahan yang mengganggu karena Anda tidak pernah tahu apa yang menyebabkan kesalahan. Pemecahan masalah yang dibutuhkannya tidak hanya memakan waktu tetapi juga berisiko karena Anda mengacaukan file inti situs web. Namun, sedikit kesabaran dan pengetahuan dasar WordPress bisa membantu Anda mengatasinya dengan cepat.

Semua dalam semua, selalu ide yang bijaksana untuk menyimpan cadangan situs web Anda berguna, perbarui tema dan plugin Anda saat ada pembaruan baru bersama dengan inti WordPress.

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three × 1 =