Cara Melindungi Situs WordPress dari Hacker

0
5

Sebagian besar pengguna mengabaikan keamanan situs WordPress mereka karena ada mitos bahwa itu adalah salah satu platform CMS yang paling aman. Tapi sebenarnya tidak ada cara ampuh untuk benar-benar melindungi situs atau blog dari hacker, spammer, dan ancaman keamanan lainnya. Seorang hacker profesional pasti akan menemukan jalannya untuk masuk ke situs Anda, tanpa seizin Anda. Jadi, terserah Anda apakah Anda ingin mengabaikan keamanan situs Anda atau ingin memberikan persaingan ketat kepada peretas saat dia mencoba meng-hack situs Anda.

Untungnya, ada beberapa cara yang bisa membantu Anda memperkuat keamanan situs dan blog WordPress Anda. Dalam posting blog ini, kami akan membagikan beberapa tip yang akan membuat situs Anda kurang menarik bagi hacker dan spammer.

1. Hindari penggunaan Default

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mendaftar ke situs WordPress mereka. Jadi hati-hati dengan nama pengguna default Anda saat memilih paket hosting atau nama domain Anda.

Sebagian besar pemilik situs web, terutama pemula menggunakan username dan password default mereka untuk akun hosting dan dasbor WordPress mereka. Jika Anda menggunakan username default dan password yang lemah, maka hacker bisa dengan mudah meng-hack situs Anda. Mereka bisa mendapatkan akses ke situs Anda dengan menggunakan nama pengguna default yang Anda gunakan untuk masuk ke situs WordPress Anda.

Akan baik jika Anda mengganti nama pengguna dan menggunakan yang baru dan unik. Singkatnya, ganti username “admin” default anda dengan yang lebih bertenaga.

2. Buat Password Panjang dan Unik

Anda juga harus mengganti password akun admin WP Anda. Anda dapat membuat password yang panjang dan kuat yang akan melindungi situs Anda dari hacker.

Gunakan kata kunci yang panjang dan kuat yang mencakup kombinasi huruf besar dan huruf kecil, angka, dan karakter khusus. Kata sandi Anda seharusnya memiliki 8 sampai 6 karakter sehingga sulit bagi hacker untuk menebak username dan password baru Anda.

Sebenarnya, Anda harus mengganti kata sandi Anda setiap 2 bulan sekali. Itu membuat pekerjaan seorang hacker lebih sulit karena dia harus memulai segalanya dari titik awal jika dia ingin hack situs Anda.

3. Hapus Plugin yang Tidak Digunakan

Cara Melindungi Situs WordPress dari Hacker 1

Banyak pemilik situs menyimpan plugin WordPress di sistem mereka namun tidak pernah menggunakannya, dan seorang hacker menargetkan hal ini. Seorang hacker yang pasti masuk ke situs Anda melalui celah yang mereka temukan di plugin Anda yang tidak terpakai.

Itu terjadi karena sebagian besar pengguna tidak mengupdate plugin ini dan ini memungkinkan hacker untuk mendapatkan akses ke situs Anda dengan mudah. Dan bahkan ada kemungkinan Anda tidak akan melihat pelanggaran karena Anda jarang menggunakan plugin ini.

Oleh karena itu, lebih baik menghapus plugin yang tidak terpakai atau plugin yang tidak akan Anda gunakan di tahun-tahun mendatang.

4. Batasi Login Attempts

Hacker mengambil bantuan teknologi canggih akhir-akhir ini. Mereka mencoba untuk mendapatkan akses ke situs Anda dengan memanfaatkan perangkat lunak yang terus menyerang halaman login dengan jumlah kombinasi username dan password yang tidak terbatas sampai mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Untuk mengatasi situasi ini, Anda harus menggunakan plugin WordPress yang populer Limit Login Attempts untuk memblokir alamat IP orang-orang yang terus-menerus memasukkan kombinasi username dan password yang salah. Anda dapat membatasi mereka dari menggunakan halaman admin Anda. Sebenarnya, Anda bisa mengatur semua hal ini dari panel wp-admin Anda.

5. Upgrade Core, Plugin, dan Tema WordPress Anda

Seorang pemilik situs WordPress harus mengupgrade situs mereka ke versi terbarunya secara reguler. Versi baru tidak hanya menggabungkan fitur tambahan ke situs Anda namun juga mencegahnya dari peretas dan ancaman keamanan lainnya.

Sebagian besar pengguna lupa meng-upgrade inti WordPress mereka dan kemudian menghadapi masalah keamanan. Sebenarnya, Anda harus mengupgrade semua tema dan plugin yang terinstal ke versi terbaru jika Anda ingin meng-host situs web yang aman dan aman.

6. Gunakan Plugin Keamanan WordPress

Cara Melindungi Situs WordPress dari Hacker 2

WordPress menawarkan berbagai plugin keamanan yang dapat Anda tambahkan ke situs Anda, tanpa pengkodean apapun. Plugin keamanan memungkinkan Anda melindungi situs Anda dari peretas dan aktivitas berbahaya lainnya. Namun, memilih plugin yang paling andal menjadi sulit karena semuanya bervariasi dalam hal kualitas, fungsionalitas, dan dukungan. Sebenarnya, banyak plugin dibuat oleh pengguna biasa sementara beberapa oleh pengembang berpengalaman. Jadi hati-hati saat membeli security plugin untuk website anda.
Nah, Anda bisa meneliti plugin Anda sebelum membuat keputusan akhir. Anda dapat memeriksa testimonial mereka, atau mencari komentar buruk daripada mencari yang positif.

7. Simpan Backup Situs Anda

Sebagai pemilik situs, Anda harus menyimpan cadangan dari situs WordPress, database, dan file Anda yang ada secara reguler. Ini menghemat situs Anda dari kerusakan yang tidak terduga atau hack. Cadangan dapat membantu mengembalikan situs Anda ke versi saat ini jika ada sesuatu yang merusak yang terjadi pada situs Anda.
Setelah memulihkan situs Anda, Anda dapat mengubah nama pengguna akun admin, kata sandi dan memuat ulang data situs Anda dalam beberapa klik.

Kesimpulan

Kiat ini akan membantu Anda dalam melindungi situs Anda terhadap hacker, spammer, dan ancaman keamanan tak terduga lainnya.

Anda juga bisa meninggalkan tip keamanan WordPress Anda ke kotak komentar dan kami akan membagikannya dengan calon pengunjung kami.

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eighteen − 4 =